Pesantren Cintawana Tasikmalaya dikenal sebagai salah satu pondok pesantren tertua di Jawa Barat. Pondok ini juga dikenal memiliki santri yang berasal dari banyak daerah di Indonesia. Daya tariknya memang cukup istimewa.

Oleh sebab itu kali ini kami akan mengulas ponpes Cintawana Tasikmalaya berdasarkan website resmi, brosur yang kami dapatkan di internet, dan beragam sumber lainnya. Di antara yang akan kami sampaikan adalah pendidikan dan biaya masuk pesantren.

Pesantren Cintawana Tasikmalaya

Didirikan oleh ulama kharismatik, KH. Muhammad Toha pada tahun 1917, pondok pesantren ini mampu bertahan hingga sekarang. Ini lebih tua dari pondok pesantren seperti Gontor di Jawa Timur, bahkan Darunnajah di Jakarta.

Hingga kini santrinya lebih dari 2000-an dengan lembaga pendidikan yang cukup beragam, dari TK, SMK, SMP dan beragam jenjang lainnya yang cukup lengkap. Fokus pendidikan pesantren adalah kitab kuning seperti pondok pesantren klasik lainnya.

pesantren cintawana tasikmalaya

Pendidikan di Ponpes Cintawana

Pondok pesantren Cintawana Tasikmalaya dikenal sebagai salah satu pondok pesantren yang memiliki ciri khas dalam aspek ilmu tafsir. Yaitu ilmu yang mengkaji tentang pemahaman makna dalam Al Quran. Di sinilah menjadi aspek paling istimewa.

Di sisi lain, penguasaan ilmu alat yaitu nahwu dan sharf juga tidak bisa dikesampingkan. Pimpinan Ponpes Cintawana Singaparna, yaitu KH. Ishaq Farid yang wafat pada tahun 1987, juga dikenal sebagai penulis kitab Al Jurumiyah berbahasa sunda pegon.

Sebagai informasi, kitab Jurumiah merupakan kitab rujukan dalam kaidah nahwu di mayoritas pondok pesantren klasik di Indonesia. Yang nantinya akan berlanjut ke kitab Imrithi dan Alfiyah. Bisa dibaca tingkatan kitab nahwu pondok pesantren di sini.

Oleh sebab itu pondok pesantren Cintawana Tasikmalaya cukup istimewa sekali. Baik di wilayah Jawa Barat, atau lebih luas dari itu. Bahkan pesantren ini salah satu yang banyak diulas di media-media online.

Pendidikan Formal di Pesantren

Di ponpes Cintawana Singaparna juga tersedia pendidikan formal, untuk SMP memiliki akreditasi A. Demikian juga dengan SMA memiliki akreditasi A dengan jurusan MIPA dan IPS. Bagi pondok pesantren, hal ini cukup bagus sekali, sudah sesuai dengan standar nasional. Ada juga MTs.

Pendidikan formal berikutnya adalah SMK, sekolah menengah kejuruan, yang menyiapkan santri untuk siap di dunia kerja. Jurusannya adalah teknologi konstruksi dan properti, ada juga teknik elektronika, teknik otomotif, serta teknik komputer dan informatika, terakhir jurusan multimedia.

Jurusan-jurusan yang tersedia ini menurut kami adalah jurusan yang banyak dibutuhkan di dunia kerja di era modern seperti sekarang. Apalagi berbasis pesantren dengan sistem asrama. Sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif.

Fasilitas di Pesantren

Jika dilihat dari brosur-brosur pendidikan formal, memang fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Gedung-gedung yang bertingkat, dan lingkungan yang luas hadirkan suasana khas pesantren.

Bagi yang SMK tersedia tempat untuk praktek seperti bengkel, serta memiliki fasilitas akademik seperti laboratorium yang cukup lengkap. Bahkan ada studio musik, lapangan olah raga, serta fasilitas pendukung lainnya.

Satu hal yang pasti, daerah Cikunten Singaparna, dikenal sebagai daerah yang memiliki suhu rata-rata antara 20-25. Bisa dikatakan cukup nyaman untuk belajar. Sehingga kemungkinan besar santri bisa betah di pesantren. Ini memang keunggulan dari letak geografis.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin masuk pondok pesantren Cintawana Tasikmalaya, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Yang utama adalah diantar oleh orang tuanya. Jika yang mengantar wali, maka ada surat pengantar. Adapun syarat administratifnya adalah sebagai berikut,

  • FC Akte
  • FC KK
  • FC KTP Orang Tua
  • Foto 3×4

Adapun untuk seragamnya di pesantren ini untuk putra menggunakan gamis putih, koko putih, kemeja tangan panjang putih, kopiah putih, dan hitam, tidak lupa sarung. Kalau yang putri menggunakan baju padang putih, kerudung putih, sarung, dan pakaian sehari-hari.

Biaya Masuk Pesantren Cintawana

Untuk biaya masuk yang kami dapatkan upload untuk tahun ajaran 2020-2021, namun paling tidak bisa menjadi pedoman untuk biaya selanjutnya. Biaya masuknya Rp2.250.000, dengan SPP bulanan sebesar Rp450.000.

Sedangkan untuk pendidikan formal biayanya berbeda-beda. SMK sekitar 4.5 jutaan. Sedangkan untuk SMA sebesar Rp1.445.000. SMP sekitar 600 ribuan. Jenjang lain kami belum berhasil mendapatkan informasi.

Biaya ini menurut kami sudah cukup terjangkau, bisa dibandingkan dengan pondok pesantren lain di Tasikmalaya di link ini. Kami sudah sajikan keunggulan dan biaya masing-masing. Agar bisa menjadi bahan pertimbangan.

Alamat lengkap

Ponpes Cintawana berada di alamat Jalan Garut – Tasikmalaya, Cikunten, Kecamatan Singaparna, Tasikmalaya. Kalau bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini. Tinggal klik saja.

Informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resmi pondok pesantren di https://pstcintawana.com/, atau hubungi 0265 – 545414 untuk bertanya seputar informasi pondok pesantren.