Pesantren Nurul Qodim Probolinggo merupakan salah satu pesantren yang cukup terkenal di Jawa Timur, khususnya daerah Tapal Kuda. Ribuan santri berbondong-bondong datang ke pondok pesantren terbaik ini.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi dari brosur yang kami dapatkan di internet. Di antara yang akan kami bahas adalah profil ponpes Nurul Qodim, pendidikan di pondok pesantren, serta biaya masuk.

Baca Juga:

Biaya Pesantren Daarul Quran Yusuf Mansur

Profil Pesantren Nurul Qodim Probolinggo

Pesantren Nurul Qodim Probolinggo berdiri pada tahun 1947 oleh KH. Hasyim atau yang dikenal dengan Kyai Mino. Meskipun demikian pesantren ini sudah memulai kegiatan jauh sebelumnya. Sehingga tergolong pesantren yang cukup tua di Indonesia.

Pondok Pesantren Nurul Qodim memiliki identitas sebagai pesantren salafiyah tulen. Bukan salafi sebagai ajaran. Tapi bagaimana ponpes di Probolinggo ini memegang teguh pembelajaran kitab kuning sebagai inti dari pendidikan di pesantren.

Plus kegiatan ruhiyah ubudiyah, atau ibadahnya tetap dipertahankan demi meningkatkan kualitas akhlaq dan karakter siswa, tahajud, dzikir, dan lainnya. Oleh sebab itu pesantren ini menjadi banyak rujukan dalam beberapa aspek pendidikan dan keilmuan.

Baca Juga:

Pesantren Al Idrisiyyah Tasikmalaya | Target Lulusan dan Biaya Masuk

Pendidikan di Pesantren Nurul Qadim

Adapun pendidikan di pesantren Nurul Qadim terbagi menjadi dua, yaitu pendidikan formal dan non formal. Untuk pendidikan formal terdiri dari TK, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah atau MTs, serta Madrasah Aliyah atau MA. Oleh sebab itu cukup lengkap.

Uniknya adalah pesantren ini juga menyediakan tempat nyantri bagi anak-anak. Jadi pesantren ini bisa untuk anak-anak, remaja bahkan dewasa. Inilah salah satu kelebihan dari Pesantren Nurul Qadim Probolinggo.

Baca Juga:

Pesantren Kalibeber Wonosobo | Pendidikan Al Quran Biaya Terjangkau

Pendidikan Diniyyah di Pondok Pesantren

Untuk pendidikan non formal atau biasanya di pesantren salafiyah disebut dengan diniyyah juga cukup lengkap. Ada TPQ, kemudian tersedia madrasah diniyah dengan tingkatan I’dadiyah, atau masa persiapan, kemudian wustha atau tingkat menengah, dan ulya atau tingkat tinggi.

Ketiga jenjang tersebut membuat pendidikan kitab kuning santri akan lebih mendalam. Kemampuan seperti membaca arab gundul, kemudian nahwu dari jurumiyah hingga alfiyah sudah menjadi makanan sehari-hari. Benar-benar santri dipersiapkan sebagai ulama.

Bahkan ada jam khusus di mana santri musyawarah kitab kuning. Atau juga sering disebut dengan bahsul masail. Ini menjadikan santri terbiasa dengan persoalan-persoalan kontemporer di masyarakat.

Ada jenjang satu lagi yaitu ma’had aly dengan takhassus tafsir dan ilmu tafsir. Beberapa jenjang ini memberikan banyak pilihan kepada santri jika ingin masuk Pesantren Nurul Qodim Probolinggo.

Baca Juga:

Pesantren La Tansa Banten

Keunggulan Pesantren Nurul Qadim

Menurut kami ada beberapa keunggulan Pondok Pesantren Nurul Qadim Probolinggo. Di antaranya adalah penggunaan waktu istiwa, yaitu berdasarkan matahari. Ini waktu yang dirujuk untuk shalat. Setiap pesantren dengan model ini biasanya memiliki pendalaman terhadap Islam yang luar biasa.

Kedua, pesantren ini ubudiyahnya dimulai dari shalat tahajud, di mana dikenal sebagai ibadah Sunnah yang tidak mudah orang melakukannya. Ketiga, pembelajaran dengan metode sorogan dan bandongan menjadikan pembelajaran berjalan dengan cukup klasik.

Baca Juga:

Pesantren Al Falah Ploso | Keistimewaan dan Biaya Masuk

Terakhir adalah aspek tawadu’ santri dalam setiap kegiatannya, plus hormat kepada yang lebih tua, yang guru, orang tua yang begitu tinggi. Menurut kami hal ini yang cukup dirindukan dari hadirnya pondok pesantren Nurul Qodim Probolinggo.

Ekstrakurikuler Pesantren

Santri biasanya menggunakan kopyah, koko putih dan Sarung, seperti pesantren Sidogiri Pasuruan. Namun banyak pula tersedia ekstrakurikuler. Di antaranya adalah pencak silat, menjahit, khot, olah raga, serta kegiatan organisasi santri.

Pendaftaran Pesantren PPDB

Untuk pendaftaran pesantren Nurul Qodim kami tidak menemukan di brosurnya batasan waktu, hanya saja ada tes jika ingin langsung ke wustho, seperti baca tulis Al Quran, tes tulis pegon, dan praktik ubudiyah.

Sedangkan jika ingin masuk langsung ke ulya ada tes baca Fathul Qarib, serta membaca Jurumiyah dan tes nahwu shorf. Untuk administratif seperti ijazah dan lainnya bisa diperiksa di link pendaftaran berikut ini.

Biaya Nurul Qodim Probolinggo

Biaya Nurul Qodim Probolinggo yang kami sajikan adalah berdasarkan brosur yang beredar di tahun 2019, kemungkinan untuk tahun 2021-2022 sudah naik tapi tidak banyak. Pesantren ini bukan pondok mahal yang naiknya berlipat-lipat setiap tahun.

Santri Baru Rp1.235.000
Santri Lama Rp1.065.000
Ma’had Aly Rp3.608.000
Santri Anak-anak Baru Rp1.408.000
Santri Anak-anak Lama Rp1.355.000

Semua biaya yang tertulis adalah biaya pendidikan selama satu tahun. Tergolong pesantren dengan biaya terjangkau. Namun demikian di daftar detil biaya, kami tidak menemukan biaya makan. Mungkin info detilnya bisa ditanyakan ke pihak pesantren.

Baca Juga:

Ponpes Dalwa Bangil Pasuruan | Keunggulan dan Biaya Putra Putri

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Jika Anda ingin datang ke pesantren bisa kunjungi Ponpes Nurul Qodim Probolinggo dengan alamat lengkap di Dusun Krajan, Kalikajar Kulon, Kecamatan Paiton, Probolinggo. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini.

Jika ingin memilih pondok pesantren lain di Probolinggo bisa memilih di link ini. Kami sudah sajikan beberapa pesantren terbaik di Probolinggo beserta keunggulan masing-masing.