Ponpes Dalwa Bangil Pasuruan merupakan salah satu pesantren ternama di Jawa Timur. Santrinya lebih dari 1600-an yang berasal dari 30-an provinsi bahkan dari luar negeri pun banyak yang hadir di pesantren ini.

Oleh sebab itu kami akan mengulasnya, membuat rangkuman informasi penting tentang pesantren mashur ini berdasarkan dari website resmi, serta disertai komentar kami. Di antara yang akan kami ulas adalah profil, lembaga pendidikan, kurikulum, serta biaya masuk Dalwa Bangil Putra dan Putri.

Ponpes Dalwa Bangil Pasuruan

Pesantren didirikan oleh Ust. Hasan Baharun pada tahun 1981. Di awali dari hanya sebuah rumah kontrakan hingga kemudian berkembang pesat sampai sekarang. Usia tiga puluh tahun lebih menandakan pengalaman yang cukup matang bagi lembaga pendidikan.

Dalwa merupakan singkatan dari Darullughoh Wadda’wah, yang artinya adalah tempat persemaian bahasa dan da’wah. Dan memang di pesantren ini bahasa Arab menjadi salah satu inti serta setiap santri dibekali keilmuan cukup untuk bekal berdakwah di masyarakat.

Pendidikan di Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan

Adapun pendidikan yang tersedia di pesantren ini bermacam-macam. Namun kami khusus mengulas tentang jenjang menengah, baik sekolah menengah pertama, atau jenjang menengah atas. Di ponpes Dalwa Bangil pasuruan terbagi ke dalam program formal dan diniyah/pondok.

Program Diniyah

Di pasuruan memang dikenal pesantren dengan program diniyyah yang cukup kuat. Seperti laiknya Sidogiri Pasuruan. Begitu juga dengan Dalwa Bangil Pasuruan. Pendidikan diniyyah di pesantren ini memiliki empat tingkatan.

I’dadiyah atau yang artinya adalah masa persiapan. Kemudian Ibdtidaiyah kalau biasanya disebut dengan tingkatan Ula. Kemudian ada Madrasah Tsanawiyah yang artinya adalah tingkatan wustho, kemudian ada madrasah Aliyah atau tingkatan ulya.

Selain beberapa tingkatan di atas juga tersedia program takhassus yaitu program yang khusus pada satu bidang tertentu. Oleh sebab itu dari aspek program diniyyah, Ponpes Dalwa Bangil Pasuruan tergolong lengkap sekali.

Sekolah Formal dan Akreditasi

Adapun untuk sekolah formal di pesantren ini tersedia jenjang Madrasah Ibtidaiyah dengan akreditasi A. Sedangkan untuk MTs memiliki akreditasi B. Jenjang Madrasah Aliyah dengan program IPS dan BHS memiliki akreditasi A. Menurut kami untuk ukuran pesantren sudah sangat bagus.

Kurikulum Pesantren

Jika ingin melihat bagaimana kedalaman pendidikan di ponpes Dalwa Bangil Pasuruan. Sederhananya kita bisa melihat dari kitab yang dipelajari. Kami mengulas beberapa di antaranya saja.

Untuk Fiqh ada Mabadi’ Fiqhiyah. Kemudian untuk bahasa arab tersedia dari Jurumiah Imrithi hingga Alifiyah. Ingin baca tingkatan kitab nahwu di pesantren bisa kunjungi link ini.

Pelajaran lain ada juga tafsir Jalalain, shahih muslim, balaghoh, kifayatul Akhyar, dan lain sebagainya. Menurut kami aspek bahasa dan keislaman di ponpes Dalwa Bangil Pasuruan cukup dalam sekali. Bahkan pesantren ini pernah menjadi juara pertama cerdas cermat NU Se-Jawa Timur 2016.

Keunggulan Ponpes Dalwa Bangil

Tentang keunggulan ponpes Dalwa Bangil Pasuruan, kami mengutip dari website pesantrennuris.net. Yaitu ada dua. Pertama adalah untuk pembelajaran diniyah di pesantren ini cukup ketat. Lulus diniyah butuh waktu 12 tahun.

Ibtidaiyah enam tahun, tsanawiyah tiga tahun, dan tiga tahun Aliyah. Kalaupun Anda sudah lulus SMA tapi masuk pesantren ini dan ditest ternyata tidak lulus, maka masuk kelas dasar lagi.

Kedua adalah aspek bahasa. Pesantren ini dikenal memiliki bahasa arab yang cukup baik. Bahkan ada tiga divisi khusus, yaitu akademik, penerapan, dan pengembangan seperti pidato, pentas drama, ceramah dan lain sebagainya.

Pendaftaran Pesantren Dalwa Pasuruan

Untuk pendaftaran pesantren Dalwa Bangil Pasuruan memiliki beberapa syarat utama. Yaitu diantar orang tua atau walinya. Kemudian ada surat keterangan sehat. Jika memang pindah pondok ada restu dari pimpinan disertai surat pindah.

Bisa baca tulis Al Quran. Minimal sudah tamat SD. Serta ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi dan mentaati aturan pesantren seperti membawa barang elektronik. Serta yang harus diketahui, pesantren ini menggunakan kalender hijriyah.

Biaya Masuk Ponpes Dalwa Putra

Uang Pangkal Rp2.550.000
Pembangunan Rp4.500.000
Pendaftaran MI Rp425.000
Pendaftaran MTs Rp505.000
Pendaftaran MA Rp555.000
Bulanan makan 1 Bulan Rp500.000
Kitab dan Administrasi Rp200.000
SPP Bulanan MI Rp30.000
SPP Bulanan MTs Rp35.000
SPP Bulanan MA Rp40.000

Ini biaya rincian setiap kebutuhan yang ada di Pondok Pesantren Dalwa Bangil. Adapun untuk tingkat MI, Mts, ada biaya seragam. Sedangkan ujian semester dan UN biayanya menyesuaikan. Sehingga kalau ditotal biaya masuk putra adalah sebagai berikut.

Total Santri MI Rp8.275.000
Total Santri MTs Rp8.355.000
Total Santri MA Rp8.405.000

Menurut kami biaya ini standard. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Pasuruan di sini.

Biaya Masuk Ponpes Dalwa Putri

Uang Pangkal Rp2.550.000
Pembangunan Rp4.500.000
Pendaftaran MI Rp425.000
Pendaftaran MTs Rp505.000
Pendaftaran MA Rp555.000
Bulanan makan 1 Bulan Rp500.000
Kitab dan Administrasi Rp200.000
SPP Bulanan MI Rp30.000
SPP Bulanan MTs Rp35.000
SPP Bulanan MA Rp40.000

Biaya pesantren putri tidak jauh berbeda dengan biaya pondok pesantren putra. Namun untuk tingkat MI dan Mts ada seragam. Ujian semester dan UN juga menyesuaikan. Total biaya adalah sebagai berikut,

Total Santri MI Rp8.275.000
Total Santri MTs Rp8.355.000
Total Santri MA Rp8.405.000

Untuk biaya masuk ponpes Dalwa Putri atau banat tidak berbeda dengan biaya masuk ponpes Dalwa Putra. Kiranya ada perubahan bisa menghubungi pihak pesantren.

Catatan Biaya Masuk Ponpes Dalwa Bangil 2022-2023

Biaya di atas sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan pondok pesantren. Adapun yang kami lihat adalah update terakhir tahun ajaran 2022-2023 dari website per 25 Juli 2022. Link sumber di sini.

Jika santri sakit, izin, uang bulanan tetap ditunaikan selama tidak menyatakan berhenti.

Setiap santri tidak boleh menyimpan sendiri uangnya lebih dari Rp25.000. Menurut kami ini sangat bagus.

Jika ada santri memutuskan mengundurkan diri setelah mendaftar, padahal sudah meluanasinya, maka uang pangkalnya akan dikebalikan dengan ketentuan sebagai perikut.

  • 1-5 hari menginap dikembalikan Rp3.000.000
  • 6-10 hari menginap dikembalikan Rp2.000.000
  • 11-15 hari dikembalikan Rp1.000.000
  • Menginap lebih dari 16 hari tidak ada pengembalian

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Adapun alamat lengkap pesantren berada di Jl. Raya Raci No.51, RT.04/RW.03, Panumbuan, Raci, Kecamatan Bangil, kabupaten Pasuruan. Jika ingin panduan bisa mengikuti Google Maps yang kami sediakan.

Informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resmi pesantren di https://www.pp-dalwa.org/. Kami hanya merangkum yang penting-penting saja. Semoga bisa menjadi manfaat